Scripting Unity3D | Mengenal Scripting Array

Dipublikasikan oleh Akbar pada

Scripting Unity3D | Array

Setelah beberapa waktu lalu kita sempat membahas tentang scripting | struktur dasar algoritma pemrograman, kali ini kita akan melanjutkan ke materi berikutnya yaitu Array.

Bagi temen-temen yang belum melihat tutorial tentang struktur dasar algoritma pemrograman, saya sarankan untuk melihatnya terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial ini, karana dalam tutorial ini terdapat beberapa hal yang harus dipelajari pada tutorial sebelumnya. Untuk menonton tutorial sebelumnya dapat dilihat melalui link berikut

Scripting Unity3D | Struktur Dasar Algoritma Pemrograman

Oke mari kita lanjut, apa itu array? beberapa orang mendeskripsikannya sebagai sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Tapi menurut saya array adalah sebuah variabel yang dapat diisi oleh banyak data/value sekaligus dengan index yang ditentukan. Jadi hanya ada 1 variabel, bukan kumpulan variabel, hanya saja dapat diisi oleh banyak value dengan index yang ditentukan. Index disini adalah urutan data yang ada dalam variabel.

Berikut adalah video penjelasan dan contoh penerapan array

Kenapa kita harus belajar array? salah satu alasan kuat adalah, pada saat kita ngoding ada saatnya kita membutuhkan sebuah variable yang mirip tapi dengan data yang berbeda. Contohnya soal, jika akan menyimpan data soal dalam sebuah variable, tentunya akan sangat memusingkan jika harus menuliskan variabel satu per satu dengan nama yang berbeda. Tentunya akan lebih mudah jika 1 variable dapat diisi oleh kumpulan soal dan dapat kita panggil sesuai urutannya. Disinilah array menjadi sangat berguna.

Bagaimana cara deklarasi dan cara kerja Array? bagaimana cara kerja array? langsung aja ditonton videonya gan.

Terima kasih sudah berkunjung 🙂

Semoga bermanfaat

#unity3d #belajarunity3d #scripting


Akbar

Bersenang-senang dengan belajar dan berbagi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *