Apa itu AR Foundation?

Dipublikasikan oleh Akbar pada

Apa itu AR Foundation? AR Foundation adalah sebuah package yang ada di unity3d untuk memudahkan developer dalam membangun sebuah aplikasi augmented reality. AR Foundation sendiri hanya terdapat pada unity 2018 keatas.

Seperti yang kita tau Unity3D adalah game engine yang juga cukup terkenal dalam pembuatan aplikasi augmented reality. “Unity selalu menjadi yang terdepan dalam pengembangan AR handheld, dan sejak awal kami memang telah mendukung ARCore dan ARKit” tulis Bradley Weiers, manajer teknikal produk AR / VR, dan Michael Durand, pimpinan software engineer AR / VR, pada postingan blog Unity. “Tetapi dengan AR Foundation dan arsitektur perangkat lunak yang dimilikinya, kini kami dapat menyediakan kepada pengembang sebuah API umum yang dapat mendukung fungsi inti untuk ARKit dan ARCore, dan platform di masa depan.”

Oh iya bagi temen-temen yang ingin mencoba aplikasi/game buatan kami bisa langsung kunjungi link berikut:

Published Apps

atau bisa langsung kunjungi playstore berikut :

Fitur apa saja yang didukung oleh AR Foundation?

Untuk saat ini AR Foundation telah mendukung beberapa fungsionalitas AR yang mencakup:

  1. Surface Plane Detection
  2. Depth Data Point Clouds
  3. Device Position
  4. Orientation Tracking
  5. Content Scaling Utilites
  6. Raycasting terhadap Plane dan Depth Data
  7. Referece Points untuk Anchoring Virtual Objects
  8. Pass-Through Rendering
  9. verage Color Temperatur
  10. Brightness Estimates
Lisensi AR Foundation

Untuk lisensi sendiri setau saya adalah gratis, karena AR Foundation sendiri adalah bagian dari Unity3D yang tentu saja lisensinya mengikuti dari lisensi Unity3D. Bisa coba di cek pada link berikut

AR Foundation License

Jika mengacu pada lisensi Unity3D, maka AR Foundation bisa di bilang gratis. Kenapa begitu? karena Unity3D terdapat lisensi yang gratis dan yang pro, sedangkan untuk versi yang gratis, package ar foundation sudah tersedia pada package manager di unity 2018. (ini hanya kesimpulan saya pribadi berdasarkan yang tertulis di dokumentasi Unity3D di website resminya, bisa jadi saya salah menyimpulkan).

Pengalaman Menggunakan AR Foundation

Pertama kali mengenal AR Foundation adalah pada tahun 2019. Saat itu saya dapat project untuk membuat aplikasi augmented reality namun dengan face tracking. Kebutuhannya saat itu adalah mendeteksi wajah dan mulut untuk simulasi dan animasi menyikat gigi yang ditampilkan lewat teknologi augmented reality.

Karena di vuforia tidak didukung dengan face tracking maka saya mencari alternatif lain, dan bertemulah dengan AR Foundation. Setelah mencoba awalnya memang agak sulit karena cara setup dan pengembangan aplikasinya jadi sedikit berbeda, tapi tidak lama akhirnya lumayan terbiasa. Hanya saja ada 1 kekurangan yang cukup menyulitkan, yaitu ketika kita hendak testing, kita tidak dapat langsung mencobanya melalui unity editor. Jadi kita harus build/export terlebih dahulu aplikasi yang hendak kita test. Menurut saya hal ini cukup menyita waktu.

Tapi karena memang saat itu saya butuh untuk fungsional AR face tracker, maka lama-lama juga terbiasa. Dan yang paling penting tentunya adalah Gratis.

Dimana Saya Bisa Belajar Membuat Augmented Reality Menggunakan AR Foundation?

Untuk saat ini saya rasa di youtube sudah sangat banyak tutorial untuk belajar membuat augmented reality menggunakan AR Foundation. Selain itu menurut saya dokumentasi di unity sendiri sudah cukup lengkap untuk dipelajari.

Bagi temen-temen yang tertarik ingin belajar tentang game development menggunakan unity3d, bisa kunjungi link berikut:

UCODY (Kumpulan Video Tutorial Unity3D)

atau bisa juga kunjungi link berikut

Youtube

Udemy

Terima kasih sudah berkunjung 🙂

Semoga bermanfaat

Kategori: Artikel

Akbar

Bersenang-senang dengan belajar dan berbagi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *