Apa itu Corel Draw?

Dipublikasikan oleh Akbar pada

Apa itu Corel Draw ? Corel draw merupakan sebuah program komputer atau software yang berfungsi sebagai editor grafik vektor. Bagi temen-temen yang sudah lama belajar tentang desain grafis, tentunya tidak asing lagi dengan software ini. Software ini sering kali kita temui pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Pada dasarnya corel draw adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat sebuah gambar secara digital, seperti ilustrasi, poster, user interface, dll. Gambar yang dihasilkan dengan corel draw bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan digital ataupun percetakan. Misalnya untuk kebutuhan digital kita bisa membuat UI Design untuk asset dari sebuah website atau aplikasi, sedangkan untuk kebutuhan percetakan contohnya adalah desain poster yang perlu di cetak.

Sesuai yang telah dijelaskan di atas, bahwa corel draw adalah software editor grafik vektor, maka desain yang kita buat tidak akan pecah ketika kita perbesar berapapun, sehingga ketika dicetak dalam ukuran yang sangat besar pun tidak akan bermasalah kualitas gambarnya.

Sayangnya software ini tidak memiliki lisensi gratis, jadi untuk menggunakannya kita perlu membeli lisensi untuk versi tertentu. Untuk membeli lisensinya dapat langsung mengunjungi website resminya coreldraw.com. Atau bisa coba lihat di beberapa online store juga ada yang menjualnya dengan lisensi lifetime.

Pengalaman Menggunakan Corel Draw

Pertama kali saya mengenal corel draw ketika masih sekolah di bangku SMA, sekitar tahun 2012. Saat itu ketika pelajaran TIK kami cukup diberikan kebebasan untuk menggunakan komputer, dan belajar tentang desain grafis. Menurut saya corel draw cukup mudah digunakan, dengan tools yang cukup lengkap, kita dapat membuat ilustrasi dengan sangat mudah.

Hanya saja memang jika digunakan untuk seorang pelajar menurut saya harga sangat mahal. Untuk lisensi coreldraw original saya lihat dibeberapa online store biayanya masih sekitar 4jt-10jt an. Tapi jika dilihat dari fitur yang diberikan, harga segitu menurut saya sudah sesuai.

Saya sendiri sampai sekarang masih menggunakan corel draw untuk membuat desain asset dan rancangan UI untuk aplikasi ataupun game yang akan kami buat.

Oh iya bagi temen-temen yang ingin mencoba aplikasi/game buatan kami bisa langsung kunjungi link berikut:

Published Apps

atau bisa langsung kunjungi playstore berikut :

Kelebihan CorelDraw 

1. Lebih User Friendly

Untuk pengguna awam, tampilan CorelDraw lebih bersahabat dibandingkan AI. Tampilan Coreldraw sederhana dan pengguna mungkin lebih terbiasa karena tata letak dan warna latarnya mirip seperti ms word. Sedangkan Fitur-fitur AI lebih kompleks dan tersembunyi. 

2. Formart Import dan Export Cukup Lengkap

Coreldraw mempunyai banyak format save data baik untuk keperluan import maupun export data. Bahkan coreldraw menyediakan format AI, artinya data yang dibuat di coreldraw bisa juga dibuka di Adobe Illustrator yang notabene adalah rivalnya. Ini tidak berlaku sebaliknya.

3. Resolusi Tinggi

CorelDraw menyediakan resolusi atau kapasitas gambar yang besar, ukurannya mulai dari inchi, milimeter, centimeter sampai kilometer. Jadi software ini cocok digunakan pada industri yang kadang harus mencetak gambar dalam skala gambar besar.

4. Ramah di Percetakan

Bagaimanapun Corel lebih populer dibandingkan produk keluaran kompetitornya. Ketika akan mencetak/print gambar ke percetakan, software yang terinstal dalam komputer mereka adalah Corel.

Ini masalah ketika anda membawa file dengan format bawaan Adobe (misalnya) ke percetakan. Mereka tentu saja akan menolak dan mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan software yang ada di kompuer mereka.

Kekurangan Corel Draw

1. Ukuran file besar

Apikasi ini menuntut penggunaan PC yang memiliki spesifikasi mumpuni dan dalam sektor RAM yang tinggi karena ukuran file mentah yang dihasilkan bisa cukup besar. Apalagi jika desainnya terbilang kompleks.

2. Sulit untuk membuat tabel

Karena berbasis vektor, membuat tabel di Corel Draw agak sedikit sulit karena membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan hasil tabel sesuai dengan yang diinginkan.

3. Color Space harus dikoreksi sebelum penggunaan secara profesional

Permasalahan terbesar yang dihadapi oleh desainer grafis ketika menggunakan Corel Draw adalah akurasi warna dari palet yang disediakan. Tak jarang, warna yang digunakan tidak sesuai dengan hasil cetakan.

Perbedaan Corel Draw dengan Photoshop

Tentu sudah tidak asing lagi dong dengan software yang satu ini. Photoshop saat ini cukup terkenal bahkan di masyarakat awam yang mungkin sama sekali tidak tertarik dengan dunia desain grafis.

Seperti yang kita tahu, Photoshop adalah software yang  digunakan untuk mengedit dan memanipulasi foto. Apakah bisa Photoshop digunakan juga untuk desain grafis? misalnya untuk membuat UI Asset? dan jawabannya adalah BISA. Ada beberapa artist (orang yang bikin asset UI untuk game) yang saya kenal selalu menggunakan Photoshop.

Lalu apa bedanya dengan Corel draw? Menurut saya perbedaan pertama yang paling mendasar adalah dari tujuan dari dibuatnya software itu sendiri. Pada dasarnya corel draw sendiri memang ditujukan untuk membuat gambar/ilustrasi, jadi dari canvas kosong kita gambar sesuai dengan keinginan kita. Sedangkan untuk Photoshop sendiri lebih ditujukan untuk mengedit foto, jadi kalau kita sudah mempunyai foto yang ingin kita edit atau ingin kita manipulasi fotonya, lebih cocok jika kita menggunakan photoshop.

Untuk perbedaan kedua yaitu dari fitur dasarnya, untuk corel draw sendiri adalah software editor grafik vektor (gambar yang tidak akan pecah karena disusun berdasarkan perintah matematis). Sedangkan photoshop sendiri adalah software editor grafik bitmap (gambar yang disusun berdasarkan kotak-kotak kecil atau sering disebut pixel).

Dimana Saya Bisa Belajar Corel Draw

Ada banya alternatif untuk belajar corel draw, anda bisa mengikuti les dan semacamnya. tentunya dengan mengeluarkan uang yang lumayan.

Menurut saya untuk saat ini di youtube sudah sangat banyak tutorial untuk belajar membuat desain menggunakan corel draw.

Atau mungkin bagi temen-temen yang tertarik ingin belajar game development menggunakan unity3d, bisa kunjungi link berikut:

UCODY (Kumpulan Video Tutorial Unity3D)

atau bisa juga kunjungi link berikut

Youtube

Udemy

Terima kasih sudah berkunjung 🙂

Semoga bermanfaat

Kategori: Artikel

Akbar

Bersenang-senang dengan belajar dan berbagi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *