Apa itu Vuforia?

Dipublikasikan oleh Akbar pada

Apa itu Vuforia ? Vuforia adalah Software Development Kit (SDK) untuk membantu mempermudah para developer aplikasi untuk membuat Aplikasi Augmented Reality. Tentunya temen-temen sudah tidak asing lagi dengan apa itu augmented reality, yaitu sebuah teknologi untuk menampilkan sebuah visual/objek dalam bentuk 3D maupun 2D melalui sebuah kamera dengan mendeteksi marker, bidang datar, ataupun wajah, dll.

Karena vuforia adalah sebuah SDK, tentunya akan memerlukan tools yang akan kita gunakan untuk membuat aplikasi augmented reality. Ada dua tools yang di dukung oleh vuforia yaitu Android Studio dan Unity3D. Akan tetapi yang paling populer adalah membuat nya menggunakan Unity3D. Sedangkan untuk platform yang didukung oleh vuforia hanya untuk iOS dan Android Mobile.

untuk mendownload Vuforia SDK dapat langsung mengunjungi website resminya https://developer.vuforia.com/, atau bisa klik link berikut:

Vuforia SDK

Khusus untuk unity3d 2017 keatas, kita tidak perlu lagi mendownload SDK melalui link di atas. SDK Vuforia sudah include kedalam unity3d ketika kita melakukan instalasi (pastikan saat install unity checklist dukungan vuforia sudah di centang). Selain itu untuk Unity 2019 keatas sudah tersedia dalam package manager.

Oh iya bagi temen-temen yang ingin mencoba aplikasi/game buatan kami bisa langsung kunjungi link berikut:

Published Apps

atau bisa langsung kunjungi playstore berikut :

Pengalaman Menggunakan Vuforia

Pertama kali mengenal Vuforia sejak tahun 2016 (masih menggunakan unity 5) dan tentunya masih saya gunakan hingga saat ini. Saat itu vuforia hanya saya gunakan untuk mendeteksi sebuah barcode kemudian diberikan action ketika mendeteksi barcode tersebut. Jadi pertama kali menggunakan vuforia saya sendiri belum tahu kalau tujuan fungsi utamanya adalah untuk membuat Augmented Reality. (Karena terdesak kebutuhan jadinya asal belajar, yang penting kerjaan beres. hehe :D).

Setelah beberapa minggu kemudian saya coba pelajari lagi tentang vuforia dan baru paham ternyata vuforia adalah SDK untuk mempermudah developer dalam mengembangan aplikasi yang ingin menggunakan teknologi augmented reality.

Menurut saya vuforia sendiri sangat mudah untuk digunakan khususnya untuk unity3D. Cara setup yang cukup sederhana, dan proses development yang sangat mudah. Setelah bertahun-tahun menggunakan saya tidak menemukan kendala yang cukup menyulitkan, mekipun ada kendala solusinya pun juga banyak di blog-blog ataupun forum-forum di internet. Hanya saja akhir-akhir ini ada beberapa hal yang memang membuat saya mulai bertransformasi ke AR Foundation. Salah satu alasannya adalah LISENSI.

Lisensi Vuforia

Untuk saat ini untuk mendapatkan lisensi vuforia kita perlu membayar dengan sejumlah uang yang menurut saya cukup mahal. Meskipun kemudahan yang diberikan cukup luar biasa, tapi menurut saya biaya untuk lisensinya masih terlalu mahal. Untuk melihat harga lisensi silahkan klik link berikut

Vuforia Pricing

Tapi tenang saja, meskipun kita tidak membeli lisensinya, kita masih bisa belajar untuk menggunakan vuforia menggunakan lisensi developer secara gratis. Karena pada dasarnya yang dijual oleh vuforia adalah lisensi ketika kita ingin mempublish aplikasi yang telah kita buat. Lebih lengkapnya bisa di cek disini. Jadi jika kita hanya ingin belajar atau mencobanya, silahkan kunjungi developer.vuforia.com

Untuk aplikasi yang kita buat menggunakan lisensi developer, pada saat menampilkan kamera AR akan ada watermark vuforia.

Apa Kekurangan Vuforia ?

Menurut saya kekurangan vuforia yang paling terlihat hanya pada lisensinya yang tidak menyediakan lisensi gratis. Mungkin selain lisensi ada beberapa hal lain yang menurut saya yang masih kurang, berikut diantaranya:

  1. Tidak mendukung face tracking.
  2. Untuk vuforia terbaru sudah tidak bisa menggunakan front camera.

Beberapa hal diatas adalah kekurangan yang saya rasakan ketika menggunakan vuforia, yang pada akhirnya sekarang sudah mulai transformasi atau berpindah untuk menggunakan AR Foundation.

Kenapa saya masih menggunakan Vuforia ? Apa Kelebihan Vuforia ?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kemudahan yang diberikan vuforia dalam membuat aplikasi augmented reality sangat luar biasa. Mulai dari setup dengan unity, dan juga proses development aplikasi menjadi sangat mudah.

Jika dibandingkan dengan AR Foundation, vuforia memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketika testing AR yang telah kita buat di unity, untuk vuforia kita bisa langsung play di unity editor. Sedangkan untuk AR Foundation kita perlu untuk di deploy ke mobile device
  2. Cukup stabil, berbeda dengan AR Foundation yang masih baru, ada salah satu versi yang benar-benar terdapat bugs yang cukup parah, sehingga fitur AR nya tidak berfungsi sama sekali.
  3. Sangat mudah untuk Setup dan Proses Pengembangan Aplikasi.

Jika harus memilih diantara AR Foundation atau Vuforia, saya selalu menyesuaikan dengan kondisi dan situasi. Jika kebutuhannya untuk project dengan tujuan komersial untuk kami sendiri, maka kami akan menggunakan AR Foundation. Sedangkan Vuforia akan kami gunakan ketika ada permintaan khusus dari client. Selain itu juga jika deadline project dari client cukup mepet, kami akan merekomendasikan menggunakan Vuforia.

Dimana Saya Bisa Belajar Vuforia?

Untuk saat ini saya rasa di youtube sudah sangat banyak tutorial untuk belajar membuat game menggunakan Vuforia, khususnya menggunakan game engine unity3d.

bagi temen-temen yang tertarik ingin belajar game development menggunakan unity3d, bisa kunjungi link berikut:

UCODY (Kumpulan Video Tutorial Unity3D)

atau bisa juga kunjungi link berikut

Youtube

Udemy

Terima kasih sudah berkunjung 🙂

Semoga bermanfaat

Kategori: Artikel

Akbar

Bersenang-senang dengan belajar dan berbagi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *