Pengertian Game dan Jenis-Jenisnya

Dipublikasikan oleh Akbar pada

Pengertian Game dan Jenisnya

Apa itu Game? Game adalah sebuah software aplikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk menghibur. Biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Game sebenarnya penting dalam perkembangan otak untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih dalam memecahkan masalah secara tepat dan cepat karena pada game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut pemain untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.

Permasalahan yang terdapat di dalam game harus dirancang semenarik mungkin sehingga game memiliki tantangan yang dapat membuat pemain menjadi penasaran untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam game tersebut. Hal ini sesuai dengan pendapat Daniel Berlyne (Fatmawati, 2013) yang menyatakan bahwa permainan merupakan sesuatu yang menyenangkan karena dapat mendorong pemain untuk menjelajah banyak hal baru. Dorongan ini meliputi keingintahuan dan hasrat akan informasi tentang suatu yang baru atau yang tidak biasa.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa game adalah suatu alat simulasi yang dapat digunakan menjelajahi berbagai informasi baru secara aman ketika penjelajahan itu tidak memungkinkan untuk dilakukan secara langsung. Dengan adanya sebuah game, pemain dapat belajar dengan menerima berbagai informasi baru yang diterima melalui simulasi yang disajikan oleh game.

Oh iya bagi temen-temen yang ingin mencoba aplikasi/game buatan kami bisa langsung kunjungi link berikut:

Published Apps

atau bisa langsung kunjungi playstore berikut :

Elemen Dasar Game Design

Setelah melihat dari pengertian game itu sendiri, tentunya ada elemen yang mendasari dari perancangan sebuah game.Menurut Adams dan Andrew (Irsa dkk. 2015) sebuah game memiliki beberapa elemen dasar yaitu core mechanics, user interface, gameplay.

1. Core Mechanics

Core mechanics, adalah suatu model yang menjelaskan rules dari game secara spesifik dengan menggunakan simbol-simbol matematika. Core mechanics menjelaskan bagaimana cara kerja game, rulses dari game, bagaimana pemain berinteraksi dengan game, bagaimana kondisi untuk mencapai goal dari sebuah game.

2. User Interface

User Interface menghubungkan antara pemain dengan core mechanics. User interface pada game berbeda dengan user interface pada software-software computer pada umumnya. User interface pada game dapat juga menjadi challenges dari game tersebut.

3. Gameplay

Gameplay adalah rangkaian dari challenges dari action yang menghubungkan antara user interface dengan core mechanics dari game.

4. Challenges (Tantangan)

Tantangan adalah serangkaian tantangan yang harus diselesaikan oleh pemain untuk mencapai tujuan dari game tersebut. Tantangan yang ada dalam game dibagi menjadi dua jenis yaitu tantangan implicit dan tantangan eksplisit.

Macam-Macam Genre Game 
1. Action

Game action menjadi salah satu genre game paling populer sejak dulu sampai sekarang. Ciri khas game ini menghadirkan unsur aksi dan laga dalam permainannya. Game ini berkaitan dengan aksi tembak-tembakan, perang, saling pukul dan gerakan refleks lainnya.

2. Action-Adventure

Action-adventure menjadi genre game populer yang banyak dimainkan saat ini. Game ini kombinasi genre aksi dan adventure atau petualangan. Pada genre ini, kita akan menjelajah tempat-tempat baru, mengoleksi berbagai item, menyelesaikan misi dan tantangan serta menghadapi musuh-musuh yang ada.

3. Role-playing

Role-playing game biasa disnkgat RPG, menjadi genre game yang berkembang sejak tahun 90an dan kian populer seiring perkembangan zaman, terutama di era game online. Dalam game jenis ini, kita akan bermain pada peran tertentu dalam game.

4. Shooter

Shooter menjadi salah satu subgenre game action yang populer dan banyak dimainkan, hingga kerap dianggap sebagai main genre. Jenis game ini mengharuskan kita menembak musuh dengan senjata tertentu, bisa dalam format FPS (first-person shooter) atau third-person shooter.

5. Sport

Sesuai namanya, game sport adalah game dengan tema simulasi olahraga. Berbagai jenis-jenis olahraga populer sering dimainkan lewat game, misalnya sepak bola, basket, voli, tinju, balap mobil, tennis, gulat, dan sebagainya.

6. Simulation

Jenis-jenis game berikutnya adalah simulation games. Game ini merupakan permainan simulasi terhadap objek tertentu.

7. Strategy

Game strategi merupakan jenis genre game yang membutuhkan strategi untuk mencapai misi yang ingin dicapai. Proses perencanaan dan pelaksanaan strategi menjadi kunci kemenangan dalam permainan dengan genre strategy game.

8. Racing

Game racing atau game balap masuk kategori game sports, tapi saking populernya sering dikategorikan sebagai main genre. Game balap banyak digemari karena permainannya yang mudah, sederhana, dan seru serta menarik.

9. Board Game / Card Game

Ada juga jenis board game atau card game. Jenis board game adalah game-game papan seperti catur, sedangkan jenis card game adalah game-game permainan kartu seperti solitaire. Game-game ini termasuk mini game yang bisa dimainkan dalam waktu senggang.

10. Puzzle Game

Game Puzzle adalah genre unik dari permainan video yang mendorong pemecahan teka-teki. Jenis teka-teki tersebut dapat menguji beberapa keterampilan pemecahan masalah. Genre inilah yang paling sering dikembangkan untuk game edukasi.

Apa itu Game Edukasi?

Bedasarkan tentang pengertian game diatas, game edukasi adalah Sebuah software atau aplikasi yang memiliki tujuan spesifik sebagai alat pendidikan namun tentunya mesih memberikan experience yang  tetap menghibur dan menyenangkan. Game Edukasi dapat digunakan untuk belajar mengenal warna untuk balita, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Pengembang harus memperhitungkan berbagai hal agar game ini benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan. Target segmentasi pemain harus pula disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan desain visual ataupun animasinya.

Tidak hanya itu, game jenis ini juga bertujuan untuk memancing minat belajar anak terhadap materi Pelajaran sambil bermain, sehingga dengan perasaan senang diharapkan anak bisa lebih mudah memahami materi Pelajaran yang disajikan. Jenis ini sebenarnya lebih mengacu kepada isi dan tujuan game, bukan jenis yang sesungguhnya. Menurut Buckingham dan Scalon (Huda, 2016) mengemukakan dalam terjemahan bahwa sebenarnya tanpa disadari game dapat mengajarkan banyak keterampilan dan game dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendidikan.

Kami juga telah membuat berbagai macam game edukasi untuk android, bagi temen-temen yang tertarik untuk mencoba, bisa langsung kunjungi link berikut:

Pengalaman Membuat Game

Pertama kali mengenal proses untuk membuat game yaitu ketika masih kuliah sekitar tahun 2014, saat itu saya menggunakan software Unity3D dan masih saya gunakan sampai sekarang. Untuk pertama kali belajar proses development game menurut saya cukup rumit karena prosesnya cukup panjang,  akan tetapi ada keseruan sendiri jika berhasil membuat sesuai dengan konsep yang telah disiapkan.

Menurut saya dalam pembuatan game ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Tujuan dan Riset
  2. Membuat Konsep dan Rancangan
  3. Membuat UI Design
  4. Menyiapkan Asset
  5. Menyusun dan Membuat Animasi
  6. Membuat Program
  7. Testing
  8. Publish

Itulah pengertian game, jenis-jenis game, dan pengalaman membuat game yang dapat kami ceritakan. Bagi temen-temen yang tertarik ingin belajar tentang game development menggunakan unity3d, bisa kunjungi link berikut:

UCODY (Kumpulan Video Tutorial Unity3D)

atau bisa juga kunjungi link berikut

Youtube

Udemy

Atau mungkin ada temen-temen yang membutuhkan jasa untuk membuat game edukasi, dapat hubungi kami melalui link berikut:

Contact US

Terima kasih sudah berkunjung 🙂

Semoga bermanfaat

Kategori: Artikel

Akbar

Bersenang-senang dengan belajar dan berbagi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *