Pengertian Media Interaktif dan Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Akbar pada

Pengertian Media Interaktif

Apa itu Media Interaktif? Media interaktif biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, audio, dan video game.

Sesuai dengan namanya “Media” sendiri memiliki arti alat untuk menyampaikan/menyalurkan/mengirim sebuah pesan. Sedangkan “Interaktif” sendiri berarti hal yang berjalan berdasarkan interaksi dua arah (dalam kasus ini berarti pengguna dan media itu sendiri). 

Misalnya sebuah media pembelajaran, media pembelajaran sendiri ada yang bersifat interaktif ada yang tidak, contoh media pembelajaran yang tidak interaktif adalah buku pelajaran. Sedangkan media yang bersifat interaktif adalah aplikasi edukasi dengan feedback tertentu ketika digunakan, misalnya aplikasi media pembelajaran mengenal huruf, ketika ada user yang menyentuh hurufnya, maka akan ada audio yang berbunyi dari aplikasi tersebut. Nah ini merupakan sebuah interaksi yang dilakukan antara pengguna dan media, yang akhirnya disebut media interaktif.

Oh iya bagi temen-temen yang ingin mencoba aplikasi/game buatan kami bisa langsung kunjungi link berikut:

Published Apps

atau bisa langsung kunjungi playstore berikut :

Apa Manfaat Media Interaktif?

Seperti yang kita tahu, fungsi utama dari media interaktif adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi. Tentu banyak sekali bidang yang dapat memanfaatkan media interaktif, misalnya dalam bidang Marketing kita dapat menggunakan media interaktif sebagai media promosi untuk menyampaikan informasi tentang produk yang kita punya kepada calon customer. Atau misalnya dalam bidang Pendidikan kita dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan informasi pelajaran melalui media interaktif.

Berikut adalah beberapa manfaat dan kelebihan  media interaktif:

1. Interaktifitas yang Menarik dan Menyenangkan

Media Interaktif biasanya di desain dengan memberikan feedback kepada user  yang dibungkus dengan visualisasi  yang menarik sehingga penggunaannya menjadi menyenangkan.

Tentu saja ini akan bergantung dengan kualitas media interaktif itu sendiri. Biasanya media interaktif yang baik akan memperhatikan ketepatan tema, animasi, teks, dan gambar yang digunakan.

2. Efisiensi Waktu

Seperti yang kita tahu, media interaktif paling banyak adalah digunakan untuk media pembelajaran. Dengan media interaktif, pelajaran yang disampaikan akan menjadi lebih cepat diterima oleh pengguna. Dengan rancangan yang baik, tentu informasi yang disampaikan akan lebih padat dan jelas, sehingga informasi yang cukup banyak dapat dipadatkan dan disampaikan dalam waktu yang singkat.

3. Penyampaian Informasi jadi Lebih Efektif

Dengan media interaktif, kita dapat meminimalisir miskomunikasi atau disinformasi antara informasi yang mau kita sampaikan dengan informasi yang diterima oleh user. Tentu ini akan jadi manfaat yang sangat baik bagi seorang pelajar, dengan belajar menggunakan media interaktif maka materi pelajaran akan dipahami dengan benar.

4. Hemat Biaya

Bagaimana media interaktif bisa menghemat biaya? Dengan media interaktif kita memungkinkan untuk melihat apa yang ditampilkan dengan mikroskop tanpa harus mempunyai sebuah mikroskop, seperti menampilkan bentuk bakteri, sel, dan lain-lain. Tapi tentu saja media interaktif memiliki keterbatasan yang bisa jadi hanya menampilkan gambar yang statis, tapi hal ini juga bergantung dengan kualitas media interaktif yang dibuat.

5. Detail

Tentunya temen-temen sudah mengenal istilah 3 Dimensi kan? nah, dengan menggunakan visualisasi 3D pada media interaktif,  maka akan memungkinkan untuk memberikan visualisasi yang  lebih detail dan sangat mirip dengan benda aslinya.

Pengalaman Membuat Media Interaktif

Pertama kali mencoba untuk membuat media interaktif yaitu ketika masih kuliah sekitar tahun 2014 ketika ada tugas kuliah untuk membuat media interaktif, kebetulan saat itu saya kuliah di jurusan pendidikan informatika. Software yang saya gunakan saat itu adalah macromedia flash yang sudah tidak saya gunakan lagi. Terakhir kali saya menggunakan Flash sekitar 4 tahun lalu, sekitar 2017. Alasannya  karena ingin fokus untuk mengembangkan skill menggunakan unity3d saja, kebetulan unity3d menurut saya lebih dari cukup bahkan memiliki banyak kelebihan dibanding flash.

Untuk membuat media interaktif menurut saya hampir sama saja dengan membuat aplikasi/game pada umumnya, hanya saja ketika media interaktif yang akan kita buat adalah sebuah media pembelajaran, maka proses persiapan konten/informasi harus lebih teliti lagi, karena kebenaran dari informasi yang dimuat dalam media harus sesuai dengan kaidah keilmuan yang sebenarnya.

Menurut saya dalam pembuatan media ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Tujuan dan Riset
  2. Membuat Konsep dan Rancangan
  3. Menyiapkan Konten/Informasi/Materi
  4. Membuat UI Design
  5. Menyiapkan Asset
  6. Menyusun dan Membuat Animasi
  7. Membuat Program
  8. Testing
  9. Publish

Bagi temen-temen yang tertarik ingin belajar tentang game development menggunakan unity3d, bisa kunjungi link berikut:

UCODY (Kumpulan Video Tutorial Unity3D)

atau bisa juga kunjungi link berikut

Youtube

Udemy

Atau mungkin ada temen-temen yang membutuhkan jasa untuk membuat media interaktif, dapat hubungi kami melalui link berikut:

Contact US

Terima kasih sudah berkunjung 🙂

Semoga bermanfaat

Kategori: Artikel

Akbar

Bersenang-senang dengan belajar dan berbagi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *